Minggu, 21 Oktober 2012

Latar Belakang Ilmu Budaya Dasar pada mahasiswa Psikologi S1




Menurut saya, Ilmu budaya dasar merupakan suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan. Secara umumnya pengertian dari kebudayaan ialah merupakan jalan atau arah didalam bertindak serta berfikir untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani ataupun rohani.

Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan ialah :
1.
       Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2.
       Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3.
       Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4.
       Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional

Latar belakang ilmu budaya dasar

Latar belakang ilmu budaya dasar dalam konteks budaya, negara, dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :
1)
      Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan.
2)
      Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan.
3)
      Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar


Beberapa tujuan yang diharapkan dari mempelajari IBD bagi mahasiswa:
  • Agar lulusan Perguruan Tinggi dari semua jurusan dapat memiliki kesamaan atau kesambungan bahan pembicaraan dengan bidang lain, tidak hanya satu bidang saja.
  • Nantinya lulusan perguruan tinggi punya pengetahuan yang cukup luas tetang budaya Indonesia, dan memiliki minat untuk mempelajari dan melestarikan budaya-budaya Indonesia lebih dalam lagi.
  • Menjadikan bangsa kita berjiwa pancasila, sehingga semua keputusan mencerminkan pengamalan nilai pancasila
  • Memiliki wawasan budaya yang luas.
Manfaat bagi mahasiswa yang mempelajari Ilmu Budaya Dasar untuk mahasiswa S1 Psikologi

Dari segi manfaatnya, cukup banyak sekali manfaat bagi mahasiswa dalam mempelajari ilmu budaya dasar. Diantaranya mampu menjadikan mahasiswa peka terhadap ligkungan budaya, agar dengan mudahnya dapat menyesuaikan diri dengan lingkuannya, terutama di lingkungan profesi mereka nanti. Kemudian mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar lebih mampu berdialog satu sama lain. Ketika mereka memiliki bekal yang sama, otomatis lebih mudah dalam berkomunikasi. Jika berkomunikasi dengan baik, maka akan lebih memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang keahlian. Meski spesialisasi sangat penting, tetapi jika spesialisasi yang kita miliki terlalu sempit, akan membuat dunia seorang mahasiswa menjadi sempit. Proses moderenisasi membutuhkan orang yang berpandangan luas, maka dari itu mahasiswa atau sarjana yang seperti demikian tidak dapat dimanfaatkan secara penuh. Selain itu juga diharapkan mahasiswa dapat menanamkan keberanian moral untk mempertahankan nilai-nilai yang benar dan dapat menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan kehidupan sehari-hari

Terkadang kita dihadapkan pada pilihan-pilahan yang kerap kali membingungkan kita. Kita sebagai individu harus menanamkan peran ilmu budaya dasar dihati kecil kita. Ini sangat penting untuk memudahkan kita mengabil keputusan.
Dalam kehidupan bermasyarakat, jika kita memiliki dasar yang kuat tentang tata cara dan sikap kita dalam bermasyarakat, maka kita akan lebih mudah membawa diri kita kedalam masyarakat.
Sedangkan ilmu budaya dasar dalam kehidupan keluarga, dapat mempengaruhi sikap kita kepada tiap anggota keluarga, bagaimana caranya agar kita tidak mengecewakan setiap anggota keluarga kita, terutama orangtua kita.
Pokok bahasan Ilmu Budaya Dasar

Ada delapan pokok bahasan yang harus kita ketahui, diantaranya;
-          Manusia dan cinta kasih
-          Manusia dan keindahan
-          Manusia dan penderitaan
-          Manusia dan keadilan
-          Manusia dan pandangan hidup
-          Manusia dan tanggung jawab dan pengabdian
-          Manusia dan kegelisahan
-          Manusia dan harapan
KESIMPULAN
Ilmu budaya bukanlah ilmu sastra, tari, filsafat, ataupun ilmu lainnya yg terdapat dalm pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar hanya mempergunkakan karya yang terdapat dalam pengetahuan untuk mendekati masalah kemanusiaan dan budaya.
Penerapan Ilmu budaya dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar